Dua Puluh Lima Orang Dapat Menyelesaikan Suatu Pekerjaan Selama 54 Hari. Jika Dikerjakan Oleh 18 Orang, Maka Pekerjaan Itu Akan Selesai Dalam Waktu Berapa Hari?

Mengelola tenaga kerja untuk menyelesaikan pekerjaan dengan efisien adalah tugas yang membutuhkan analisis yang tepat serta penghitungan matematis. Salah satu contohnya adalah kasus di atas, di mana kita perlu mengetahui berapa lama pekerjaan tersebut akan diselesaikan jika jumlah pekerja berkurang. Pekerjaan yang pada awalnya dapat diselesaikan oleh dua puluh lima orang dalam 54 hari ternyata sekarang harus diselesaikan oleh 18 orang. Berapa lama waktu yang dibutuhkan?

Baca Juga :  Contoh Benda yang mengubah energi listrik menjadi energi gerak adalah

Untuk menjawab pertanyaan ini, kita perlu memahami konsep dari “Man-Days”, yaitu metode untuk mengukur jumlah pekerjaan berdasarkan jumlah hari kerja yang dibutuhkan oleh seorang pekerja untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Di sini, kita asumsikan bahwa kerja semua pekerja sama dan dapat ditambahkan.

Diketahui bahwa dua puluh lima orang dapat menyelesaikan pekerjaan tersebut dalam 54 hari. Jadi, total Man-Days untuk pekerjaan tersebut adalah 25 (orang) * 54 (hari) = 1350 Man-Days.

Baca Juga :  Demokrasi Pancasila adalah paham demokrasi yang bersumber pada kepribadian dan falsafah hidup bangsa Indonesia?

Maka, jika pekerjaan tersebut akan dikerjakan oleh 18 orang dalam waktu yang sama, kita perlu membagi total Man-Days dengan jumlah orang baru. Jadi, waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut oleh 18 orang adalah 1350 (Man-Days) / 18 (orang) = 75 hari.

Baca Juga :  Berikut ini yang termasuk makanan tradisional Betawi adalah?

Jadi, jika pekerjaan yang sebelumnya dapat diselesaikan oleh dua puluh lima orang dalam 54 hari dikerjakan oleh 18 orang, maka pekerjaan itu akan selesai dalam waktu sekitar 75 hari. Metode penghitungan seperti ini sangat bermanfaat dalam merencanakan dan mengelola tenaga kerja secara efisien.

Leave a Comment