Di Indonesia, Iptek Senyatanya Sudah Digunakan Sejak Dahulu. Adapun Dalam Bidang Arsitektur, Bangsa Indonesia Patut Berbangga.

Indonesia, negara kepulauan dengan beragam budaya dan keragaman yang kaya. Dalam jejak sejarahnya, Indonesia telah menunjukkan kecanggihan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek), terutama dalam sektor arsitektur. Sepanjang berabad-abad, bangsa Indonesia telah menciptakan berbagai karya arsitektural yang megah dan unik, yang banyak di antaranya masih berdiri kokoh hingga saat ini.

Iptek di Indonesia: Penggunaan Sejak Dahulu

Sejak era pra-sejarah, bangsa Indonesia sudah mengolah dan memanfaatkan berbagai sumber daya alam yang ada dilingkungannya dengan cerdas. Sebagai contoh, masyarakat di era neolitikum sudah mampu memanfaatkan batu sebagai alat bantu dalam berbagai kegiatan sehari-hari, seperti berburu, mengolah makanan, hingga sebagai senjata.

Baca Juga :  Jika Orang yang Meninggal Dunia Meninggalkan Hutang, Bagaimana Hukum Melunasinya dan Harta Siapa yang Digunakan untuk Melunasi Hutangnya?

Kemajuan iptek juga tampak pada era kerajaan-kerajaan di Nusantara, dimana banyak ditemukan peninggalan karya teknologi maju seperti candi, prasasti, dan masih banyak lagi yang lainnya. Kerajaan Majapahit, misalnya, dikenal karena kemampuannya dalam membuat kapal yang besar dan tangguh untuk perdagangan dan ekspedisi.

Selain itu, dalam bidang pertanian dan pengolahan bahan pangan, iptek di Indonesia juga mengalami perkembangan yang pesat. Misalnya teknik terasering dalam pertanian sawah, teknik pengeringan ikan, hingga riset penangkaran aneka benih dan tanaman. Hasil-hasil ini menjadi bukti bahwa iptek di Indonesia telah berkembang sejak dahulu.

Baca Juga :  Adanya Globalisasi Menjadikan Nilai-Nilai Sosial Dalam Masyarakat Menjadi Semakin Luntur, Hal Ini Ditandai Dengan...

Kecakapan Dalam Arsitektur

Dalam bidang arsitektur, pemanfaatan iptek oleh bangsa Indonesia juga patut mendapatkan penghargaan. Bangsa Indonesia memiliki ciri khas arsitektur tradisional yang kuat dan autentik, dengan pengetahuan dan keterampilan yang diwariskan dari generasi ke generasi.

Dilengkapi dengan keterampilan dan pengetahuan dalam memanfaatkan bahan-bahan alami, seperti kayu, bambu, dan batu, bangsa Indonesia telah menciptakan berbagai struktur bangunan megah seperti candi, rumah tradisional, masjid, pura, dan istana raja-raja. Bahkan hingga saat ini, bangunan-bangunan tersebut masih berdiri kokoh, menunjukkan kecanggihan iptek dalam bidang arsitektur yang dimiliki oleh bangsa Indonesia.

Baca Juga :  Demi Air Bersih, Warga Waborobo Rela BerjalanSejauh 15 KilometerWarga Kelurahan Waborobo, Kecamatan Betoambari, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara sulit mencari air bersih. Mereka harus menempuh perjalanan hingga sejauh 15 kilometer dari tempat tinggalnya untuk mendapatkan air bersih. Mereka terpaksa mengambil air bersih di Kelurahan Kaisabu Baru, Kecamatan Sorawolio. Mereka biasanya menumpang mobil dan membawa beberapa jeriken ukuran 15 liter. Jeriken itu digunakan untuk menampung air yang mengalir dari aliran sebuah anak sungai di Kelurahan Kaisabu Baru. Letak Kelurahan Waborobo berada di dataran tinggi. Di daerah itu air tanah sulit didapat. Kalau pun ada, air hanya sedikit. Daerah itu juga belum mendapatkan akses aliran air bersih, karena pipa-pipa PDAM belum mencapai ke daerah sana. Warga Kelurahan Waborobo sangat membutuhkan air dan sangat mengharapkan bantuan dari pemerintah daerah untuk keperluan tersebut.Peristiwa apakah yang terjadi pada bacaan di atas

Dari Candi Borobudur yang megah dan kompleks, kompleks percandian Prambanan, hingga rumah-rumah adat seperti Rumah Gadang di Minangkabau dan Tongkonan di Toraja, semuanya menjadi bukti keberhasilan dan kecanggihan bangsa Indonesia dalam mengaplikasikan iptek dalam bidang arsitektur.

Sebagai bangsa, kita patut berbangga atas pencapaian-pencapaian ini. Hal ini juga menjadi pengingat bahwa bangsa Indonesia memiliki warisan sejarah dan budaya yang kaya dan patut dijaga kelestariannya. Seperti pepatah “Tak Kenal Maka Tak Sayang”, dengan mengetahui lebih dalam tentang sejarah dan budaya kita, kita semakin mencintai dan menjaga warisan yang telah diwariskan kepada kita.

Leave a Comment