Di Dalam Kotak Terdapat 54 Bola yang Terdiri dari 36 Bola Berwarna Hijau dan Sisanya Berwarna Putih: Perbandingan Bola Putih terhadap Jumlah Seluruh Bola

Di dalam dunia matematika, konsep perbandingan sering digunakan untuk membuat perbandingan jumlah antara dua atau lebih elemen dalam satu set. Misalnya, perbandingan antara jumlah bola putih dan total bola dalam sebuah kotak. Untuk membuat pemahaman yang mendalam tentang konsep ini, contoh berikut mungkin membantu.

Jika kita membayangkan sebuah kotak berisi 54 bola, di mana 36 bola berwarna hijau dan bola-bola lainnya berwarna putih. Pertama-tama, kita perlu mencari tahu berapa jumlah bola putih yang ada. Jika total bola adalah 54 dan 36 diantaranya berwarna hijau, jumlah bola putih yang tersisa adalah 54 – 36 = 18 bola.

Baca Juga :  Dalam kegiatan penilaian otentik banyak model yang dapat digunakan. Pada suatu penilaian seorang guru meminta siswa untuk mendemonstrasikan tugas belajar tertentu. Bentuk penilaian otentik tersebut merupakan contoh penilaian otentik berbentuk penilaian

Sekarang, jika kita ingin mencari perbandingan bola putih terhadap jumlah seluruh bola, formula yang akan digunakan adalah:

Perbandingan = Jumlah yang diinginkan / Total jumlah

Dengan menerapkan angka-angka dari contoh ke dalam formula, kita mendapatkan:

Perbandingan bola putih terhadap jumlah seluruh bola = Jumlah bola putih / Total bola                              = 18 / 54

Dengan melakukan kalkulasi, kita mendapatkan perbandingan ini sebagai 0,33 atau 33%. Jadi, bola putih menyusun 33% dari total bola dalam kotak tersebut.

Baca Juga :  Contoh Pelanggaran Hak Asasi Manusia yang terjadi di Indonesia adalah?

Menyadari cara menghitung perbandingan ini, tidak hanya membantu dalam meningkatkan kemampuan matematika kita, tetapi juga membantu dalam aplikasi kehidupan sehari-hari, misalnya ketika membagi makanan, barang, atau sumber daya lainnya secara merata. Konsep ini penting agar kita dapat berpikir lebih kritis dan analitis dalam situasi yang melibatkan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.

Leave a Comment