Di Daerah Pantai Barat Inggris Curah Hujan Lebih Besar Dibandingkan Dengan Daerah Pantai Lainnya, Hal ini Disebabkan Karena…

Pantai barat Inggris memang terkenal karena curah hujannya yang besar, bahkan mencapai tingkat yang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah pantai lainnya di Inggris. Faktor geografis yang unik, pola cuaca dan iklim menjadikan pantai barat Inggris memiliki karakteristik cuaca yang menarik dan berbeda dengan daerah pantai lainnya. Berikut ini adalah beberapa alasan yang menjelaskan mengapa hal ini terjadi.

Lokasi Geografis

Letak geografis pantai barat Inggris adalah faktor penting yang mempengaruhi curah hujan. Daerah ini terletak sejajar dengan Samudera Atlantik, yang menghasilkan sejumlah besar uap air. Dalam hal ini, angin barat yang bertiup dari arah laut menyebabkan adanya proses konveksi dan pembentukan awan di atas pantai. Ketika awan-awan ini mencapai daratan, mereka melepaskan kelembaban dalam bentuk hujan.

Baca Juga :  Apa Saja Manfaat yang Diperoleh dengan Menghemat Energi Listrik di Rumah?

Pola Cuaca dan Iklim

Polanya di daerah pantai barat Inggris lebih cenderung memiliki iklim Samudra Atlantik yang basah. Hal ini dapat dilihat dari musim dingin yang lembab dan musim panas yang sedkit sejuk. Angin barat laut membawa kelembaban tinggi dari Samudera Atlantik, yang kemudian menurunkan curah hujan ketika mencapai pantai barat.

Baca Juga :  Bahan Apa Sajakah yang Dapat Digunakan untuk Memperpanjang Usia Makanan?

Efek Orografis

Selain itu, efek orografis juga berperan penting dalam meningkatkan curah hujan di pantai barat Inggris. Jika kita melihat topografi daerah tersebut, kita akan melihat bahwa pantai barat Inggris ditandai dengan banyaknya pegunungan dan bukit. Ketika massa udara yang membawa uap air dari Samudera Atlantik bertemu dengan daerah tinggi ini, mereka memaksa udara untuk naik, mendinginkan, dan kemudian kondensasi, yang menghasilkan hujan. Hal ini sering terjadi di daerah seperti Lake District dan Wales Utara.

Baca Juga :  Berikutyang bukan merupakan manfaat matahari sebagai sumber panas bagi makhluk hidup adalah

Kesimpulan

Jadi, ada sejumlah alasan mengapa curah hujan lebih besar di pantai barat Inggris dibandingkan dengan daerah pantai lainnya. Dalam hal ini, posisi geografis mereka, pola cuaca dan iklim, serta topografi daerah tersebut, semua berkontribusi terhadap fenomena ini. Karena itu, walaupun bisa saja mengejutkan, hal ini sebenarnya cukup masuk akal jika kita mempertimbangkan faktor-faktor tersebut.

Leave a Comment