Di Belakang Rumah Pak Amat Ada Kolam Ikan Berbentuk Setengah Lingkaran, Kolam Ikan Tersebut Memiliki Jari-Jari 3 m: Berapa Keliling dan Luas Kolam Ikan Pak Amat?

Mengintip ke belakang rumah Pak Amat, kita akan menemui pemandangan yang menenangkan, sebuah kolam ikan dengan desain yang unik. Kolam tersebut berbentuk setengah lingkaran, memberikan nuansa yang berbeda dibanding kolam ikan biasa. Pak Amat, memang dikenal kreatif dalam mengatur lingkungan rumahnya, tak heran jika kolam ikannya pun didesain sedemikian rupa.

Kolam ikan tersebut memiliki jari-jari sepanjang 3 meter. Jari-jari adalah garis yang menghubungkan titik pusat lingkaran atau setengah lingkaran dengan titik di tepinya. Mengingat bentuk kolam tersebut adalah setengah lingkaran, membuat penasaran berapa sih keliling dan luas dari kolam ikan Pak Amat tersebut?

Baca Juga :  Hasil produksi berupa daging, telur, dan susu menunjukkan pemanfaatan sumber daya alam dalam bidang?

Pertama, kita akan menghitung keliling kolam ikan tersebut. Mengetahui bahwa kolam tersebut berbentuk setengah lingkaran, maka kita harus menambahkan panjang garis lurus (diameter) untuk menghitung keliling totalnya.

Rumus keliling lingkaran adalah 2πr. Namun, kolam ikan ini berbentuk setengah lingkaran, berarti kita harus membagi dua hasil perhitungan tersebut, ditambah dengan diameter lingkaran, yaitu 2r. Sehingga rumus keliling kolam ikan Pak Amat adalah:

Baca Juga :  Berikut ini yang termasuk harta yang diwajibkan keluarnya zakat dengan ketentuan perhitungan besar zakat yang dikeluarkannya dengan memakai ukuran 2,5 % adalah

Keliling = πr + 2r = π(3 m) + 2(3 m) = 9.42 m + 6 m = 15.42 m.

Selanjutnya, kita akan menghitung luas kolam ikan Pak Amat. Rumus luas lingkaran adalah πr². Namun, karena kolam ikan tersebut berbentuk setengah lingkaran, sehingga hasil perhitungan perlu dibagi dua. Sehingga, rumus luas kolam ikan tersebut adalah:

Baca Juga :  Dalam serangan kedua kerajaan mataram dibantu panglima perang kecuali?

Luas = 0.5 πr² = 0.5 π(3 m)² = 0.5(28.27 m²) = 14.13 m².

Jadi, kolam ikan berbentuk setengah lingkaran dengan jari-jari 3 m di belakang rumah Pak Amat memiliki keliling sepanjang 15.42 m, dan luas sebesar 14.13 m².

Jadi, jawabannya apa? Kolam ikan Pak Amat memiliki keliling 15.42 meter dan luas 14.13 meter persegi.

Leave a Comment