Dengan Menjalankan Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari Sesungguhnya Kita Sudah Berkontribusi dalam Menjaga Keutuhan Negara

Pancasila, sebagai ideologi dan pedoman kehidupan bangsa Indonesia, memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga keutuhan negara. Pancasila adalah naluri dan jiwa dari negara Indonesia. Pembatasan nilai-nilai yang ada di dalam Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sesungguhnya adalah bentuk kontribusi nyata dalam mencari keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pancasila dan Kehidupan Sehari-hari

Adanya Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup untuk bangsa Indonesia berarti bahwa semua aktivitas, tindakan, dan perilaku sehari-hari masyarakat harus ditempatkan dalam pelaksanaan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Dengan demikian, kehidupan sehari-hari kita sejatinya harus merupakan refleksi langsung dari lima sila Pancasila.

Baca Juga :  Darah Yang Berfungsi Sebagai Pertahanan Tubuh Dari Serangan Penyakit Adalah

Pelaksanaan ini bisa dalam banyak bentuk, seperti menghargai dan menerima perbedaan (mengingat prinsip “Kemanusiaan yang Adil dan Beradab”), mempertimbangkan kepentingan umum atas kepentingan pribadi (sejalan dengan “Persatuan Indonesia”), dan mengejarkan demokrasi yang baik dan bertanggung jawab (sebagaimana dipandu oleh “Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan / Perwakilan”).

Kontribusi Masyarakat dalam Menjaga Keutuhan Negara

Fungsi Pancasila dapat menjaga keutuhan NKRI melalui realisasi nilai-nilainya dalam kehidupan sehari-hari. Akar dari konflik dan perpecahan biasanya terletak pada sikap yang tidak menghargai keberagaman, politik diskriminatif, dan praktik yang tidak demokratis. Dengan menerapkan Pancasila dalam hidup kita sehari-hari, kita dapat secara aktif menangani akar penyebab ini.

Baca Juga :  Shofi sangat mencintai kesenian. Terutama tari-tarian khas indonesia. Ia telah menguasai sepuluh jenis tari daerah indonesia. Shofi bertekad tampil dalam pentas dari tingkat internasional untuk menunjukan keragaman tari indonesia kepada masyarakat dunia. Kecintaan shofie berdasarkan keterangan tersebut menunjukan adanya?

Sebagai contoh, dengan penerapan sila “Persatuan Indonesia”, kita dapat menghindari sikap diskriminatif dan dapat memperkuat ikatan persatuan dan kesatuan di antara sesama warga negara, walaupun berlatar belakang suku, ras, dan agama yang berbeda-beda. Demikian juga, dengan penerapan sila “Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan / Perwakilan”, kita mempromosikan demokrasi yang sehat dan bertanggung jawab.

Baca Juga :  Pulau di Wilayah Provinsi Kepulauan Riau yang Diklaim China

Kesimpulan

Melalui kontribusi masyarakat dalam menjalankan Pancasila di kehidupan sehari-hari, kita dapat menciptakan lingkungan sosial yang aman, damai, dan menghargai keberagaman. Pancasila, dengan begitu, bukan hanya menjadi ideologi dan landasan hidup, tetapi juga menjadi benteng pembela keutuhan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Leave a Comment