Dalam kehidupan masyarakat terdapat perubahan yang membawa kemajuan dan kemunduran dalam berbagai bidang, perubahan sosial bersifat progres adalah

Perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi pada struktur dan fungsi masyarakat. Proses ini bisa terjadi karena pengaruh dari dalam maupun dari luar masyarakat. Perubahan sosial dapat bersifat progres atau regres. Progres berarti kemajuan, sementara regres merujuk pada kemunduran. Dalam konteks inilah artikel ini akan fokus pada bagaimana perubahan sosial bisa membawa kemajuan atau progres dalam berbagai bidang masyarakat.

Faktor-faktor Perubahan Sosial

Perubahan sosial dapat terjadi karena banyak faktor. Faktor-faktor tersebut antara lain adalah teknologi, kebudayaan, perubahan ekonomi, dan perubahan politik. Teknologi, misalnya, telah sangat mempengaruhi perubahan gaya hidup masyarakat modern. Kebudayaan juga dapat mempengaruhi perubahan sosial dengan cara menentukan pandangan dan pola perilaku dalam masyarakat. Sementara itu, perubahan ekonomi dan politik dapat mempengaruhi kebijakan sosial dan ekonomi yang berdampak pada masyarakat.

Baca Juga :  Sebutkan Manfaat yang Didapatkan oleh Wirausaha yang Memperluas Bisnisnya ke Seluruh Pasar Lokal

Perubahan Sosial Bersifat Progres

Perubahan sosial yang bersifat progres adalah perubahan yang membawa perkembangan atau kemajuan bagi masyarakat. Contohnya adalah peningkatan teknologi yang telah mempengaruhi aspek berbagai bidang di masyarakat, seperti pendidikan, pekerjaan, dan hiburan. Teknologi membantu memfasilitasi belajar online yang lebih mudah dan fleksibel, sehingga membantu menjembatani kesenjangan pendidikan. Dalam konteks pekerjaan, teknologi telah menciptakan berbagai jenis pekerjaan baru dan memungkinkan pekerjaan bisa dilakukan dari rumah.

Baca Juga :  Menentukan Aspek-Aspek Yang Disunting dalam Teks Ceramah

Dampak Positif dan Negatif Perubahan Sosial Progres

Seperti dua sisi koin, perubahan sosial juga memiliki dampak positif dan negatif. Secara positif, perubahan sosial dapat membantu melakukan inovasi dan peningkatan dalam berbagai bidang masyarakat. Namun itu juga bisa berdampak negatif, seperti jarak sosial yang ditimbulkan oleh teknologi atau kehilangan pekerjaan tertentu karena otomatisasi pekerjaan.

Baca Juga :  Berikut ini informasi yang BENAR didapat dari data geokimia, KECUALI ? (jawaban bisa lebih dari satu)?

Kesimpulan

Perubahan sosial adalah fenomena yang tidak bisa dihindari dalam masyarakat. Perubahan tersebut bisa membawa progres atau kemajuan dalam berbagai bidang. Namun, dampak dari perubahan sosial tersebut harus dipertimbangkan dengan hati-hati. Masyarakat perlu bersikap adaptif dan proaktif terhadap perubahan sosial, agar manfaat yang didapatkan bisa maksimal sementara dampak negatifnya bisa diminimalkan.

Leave a Comment