Cerita yang Lucu dan Mengesankan Serta Singkat dan Menarik, Biasanya Mengenai Orang Penting Berdasarkan Kejadian Sebenarnya, Merupakan Pengertian Dari…..

Cerita-cerita dengan karakter-karakter yang penting dan kejadian-kejadian yang mengesankan yang dibungkus dalam kemasan kehumoran dan gaya cerita yang sama sekali tidak membosankan, menjadikannya sesuatu yang menjadi memiliki daya tarik yang kuat bagi pembaca atau pendengar. Fenomena ini, dalam kesastraan inggris, sering kali dikenal dengan istilah “anecdote”.

Anecdote, Definisi dan Ciri-ciri

Anecdote adalah sebuah bentuk cerita pendek, biasanya berisi antara satu sampai dua paragraf, yang dirancang untuk menghibur atau mengambil pelajaran, dan sering kali dianggap sebagai sebuah peristiwa nyata yang melibatkan tokoh penting. Pada simpulnya, sebuah anecdote adalah sebuah cerita lucu dan mengesankan yang berpusat pada suatu insiden atau situasi tertentu.

Baca Juga :  Diketahui limas segiempat beraturan T.ABCD dengan panjang rusuk alas 6 cm dan panjang rusuk tegak 5 cm.√Tinggi limas tersebut adalah ... cm?

Sebuah cerita anecdote biasanya dimulai dengan pengaturan situasi yang sederhana atau umum – biasa dalam satu atau dua baris, lalu bergerak cepat ke adegan klimaks dan berakhir dengan pembahasan yang mengejutkan atau lucu. Tidak seperti cerita biasa, anecdote mempunyai poin langsung dan singkat, tidak membuat pembaca atau pendengar menunggu lama.

Penggunaan Anecdote dalam Komunikasi Sehari-hari

Anecdote dibuat bukan hanya untuk menghibur, tapi juga untuk memberikan insight atau pemahaman baru mengenai suatu isu atau topik. Oleh karena mereka biasanya berdasarkan kejadian nyata, mereka dapat digunakan sebagai alat yang efektif untuk mengkomunikasikan suatu poin atau pandangan kepada orang lain.

Baca Juga :  Pengertian pengolahan pangan yang tepat adalah?

Orang sering menggunakan anecdote dalam percakapan sehari-hari untuk membuat suatu poin atau untuk menjelaskan suatu situasi dengan cara yang lebih menarik dan mudah dimengerti. Politisi, para pengajar, pembicara motivasi, dan banyak profesional lainnya menggunakan anekdot secara regular dalam pidato dan presentasi mereka untuk menarik perhatian penonton dan mengkomunikasikan pesan mereka dengan cara yang lebih efektif.

Contoh Anecdote

Sebagai contoh sederhana dari anecdote, pertimbangkan cerita berikut:

Baca Juga :  Yang tidak termasuk keragaman di bawah ini adalah?

Ketika Albert Einstein masih muda, contohnya, guru matematika nya di sekolah pernah berkata kepadanya, “Anda akan sama sekali tidak akan pernah sampai kemana-mana!” Einstein, tentu saja, kemudian menjadi salah satu fisikawan terbesar dalam sejarah.

Cerita ini adalah anecdote yang menggambarkan betapa salahnya prediksi guru tersebut, dengan twist mengejutkan bahwa si siswa yang diberi label sebagai gagal adalah tidak lain adalah Albert Einstein.

Jadi, cerita yang lucu dan mengesankan serta singkat dan menarik, biasanya mengenai orang penting berdasarkan kejadian sebenarnya, adalah pengertian dari anecdote.

Leave a Comment