Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus Sebelum Di Backup

WhatsApp, sebagai aplikasi pesan instan paling populer, seringkali digunakan tidak hanya untuk komunikasi sehari-hari tetapi juga untuk berbagi informasi penting dan dokumen bisnis. Karenanya, menghilangkan percakapan atau pesan penting bisa menjadi mimpi buruk. Namun, bagaimana jika chat dihapus sebelum sempat di-backup? Apakah masih ada cara untuk mengembalikannya?

Untuk memahami bagaimana mengembalikan chat, penting untuk memahami bagaimana proses backup do WhatsApp bekerja. Biasanya, WhatsApp akan melakukan backup secara otomatis setiap hari pada pukul 2 dini hari. Anda juga bisa melakukan backup secara manual sesuai keinginan. Backup ini disimpan di Google Drive untuk pengguna Android atau iCloud untuk pengguna iPhone. Namun, apa yang terjadi jika pesan dihapus sebelum sempat di-backup?

Baca Juga :  Undang-undang yang Mengatur Hak Perlindungan Anak adalah

Situasi Apa Saja yang Bisa Terjadi?

Ada dua situasi yang bisa terjadi:

  1. Chat dihapus sebelum backup otomatis: Jika chat dihapus sebelum backup otomatis, maka akan sangat sulit untuk mengembalikannya tanpa bantuan aplikasi atau software pihak ketiga. Hal ini karena data yang telah dihapus tidak pernah tersimpan dalam backup.
  2. Chat dihapus setelah backup: Jika chat dihapus setelah backup otomatis atau manual, ada peluang untuk mengembalikan chat. Anda harus menginstall ulang WhatsApp Anda dan memilih untuk merestore dari backup terakhir.
Baca Juga :  Kita harus menunjukkan sikap saling ... Keragaman suku yang ada di indonesia?

Mengembalikan Chat dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Untuk situasi di mana chat dihapus sebelum backup, satu-satunya solusi adalah menggunakan aplikasi atau software pihak ketiga. Aplikasi semacam ini dapat mencoba menggali dalam memori perangkat Anda untuk menemukan dan memulihkan data yang telah dihapus. Contoh aplikasi ini antara lain Dr.Fone, EaseUS MobiSaver, Android Data Recovery, dan lainnya.

Berikut ini adalah langkah-langkah umum dalam menggunakan aplikasi pihak ketiga :

  1. Unduh dan instal aplikasi di komputer Anda.
  2. Sambungkan perangkat Anda ke komputer.
  3. Ikuti petunjuk dalam aplikasi untuk memulai proses pemulihan data.
Baca Juga :  Selaku Guru BK, Ibu Imelda Telah Mendapatkan Hasil Pemetaan Kebutuhan Dari Seluruh Kelas. Selanjutnya, Ibu Imelda Bersama Para Wali Kelas Harus Membuat Rencana Layanan Peminatan yang Akan Dilakukan, Karena...

Penting untuk dicatat bahwa efektivitas metode ini mungkin beragam, tergantung pada berbagai faktor termasuk model perangkat Anda, seberapa baru data telah dihapus, dan sejauh mana data tersebut telah ditimpa oleh data baru.

Jadi, jawabannya apa? Jawaban sebenarnya adalah, sangat sulit untuk mengembalikan chat WhatsApp yang dihapus sebelum dilakukan backup. Namun, berkat beberapa aplikasi pihak ketiga, masih ada sedikit harapan untuk memulihkan chat yang hilang. Selalu melakukan backup chat Anda secara teratur untuk menghindari kehilangan informasi penting.

Leave a Comment