Bu Asnah Ingin Menjalankan Penelitian Tentang Tingkat Kepuasan Siswa Terhadap Program Pendidikan di Sekolah Mereka: Pengembangan Instrumen Kuesioner Penelitian

Presiden negara ke-4, Asnah menghadapi tantangan besar dalam menjalankan penelitian terkait tingkat kepuasan siswa terhadap program pendidikan di sekolah mereka. Tujuan utamanya adalah mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan siswa dan mengumpulkan data yang valid dan dapat diandalkan. Untuk ini, beliau memutuskan untuk mengembangkan instrumen penelitian berupa kuesioner.

Tahapan Pengembangan Instrumen Kuesioner

Berikut ini adalah tahapan utama yang harus dilakukan oleh Bu Asnah dalam mengembangkan instrumen kuesioner untuk penelitiannya.

1. Mendefinisikan Tujuan Penelitian

Tahap ini mencakup pemahaman yang jelas dan perumusan tujuan penelitian. Bu Asnah harus mampu menentukan apa yang ingin dicapai dari penelitian dan mengidentifikasi variabel utama yang akan diteliti.

Baca Juga :  Kegiatan Ekonomi yang Dilakukan Berdasarkan Usaha Bersama Berasaskan Kekeluargaan dan Gotong-Royong Disebut...

2. Desain Awal Instrumen

Desain instrumental melibatkan pembuatan pertanyaan. Pertanyaan sebaiknya dirumuskan secara jelas dan harus berhubungan langsung dengan tujuan penelitian.

3. Uji Coba Instrumen

Instrumen penelitian harus diuji coba untuk memastikan bahwa pertanyaan-pertanyaan tersebut relevan dan valid. Uji coba ini dapat dilakukan di sejumlah kecil sampel dari populasi target.

Baca Juga :  Berikut yang termasuk ancaman Internal adalah?

4. Revisi Instrumen

Berdasarkan umpan balik dan hasil dari uji coba, instrumen penelitian mungkin perlu direvisi dan ditingkatkan.

5. Implementasi dan Analisis Data

Setelah instrumen penelitian diuji dan direvisi, instrumen tersebut siap untuk digunakan dalam pengumpulan data. Data yang yang dihasilkan kemudian dianalisis untuk mencapai tujuan penelitian.

Tahapan Pengembangan Instrumen dan Pendekatan Ilmiah

Semua tahapan ini mencerminkan pendekatan ilmiah dalam pengembangan instrumen. Dalam pendekatan ilmiah, setiap langkah dilakukan secara sistematis dan terukur untuk memastikan validitas dan reliabilitas hasil.

Baca Juga :  Look at the picture on the side. What is it ?

Tujuan penelitian diidentifikasi, instrumen dibuat dan diuji secara sistematis, dan data dianalisis dengan cermat. Revisi instrumen berdasarkan uji coba menunjukkan sikap kritis dalam ilmu pengetahuan, di mana setiap penelitian atau hasil selalu terbuka untuk evaluasi dan peningkatan.

Proses ini memastikan bahwa penelitian Bu Asnah akan menghasilkan data dan informasi yang relevan, valid dan dapat diandalkan mengenai faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan siswa terhadap program pendidikan di sekolah mereka.

Leave a Comment