Bisnis Jasa Supplementary Produk Dibagi Menjadi Dua Kelompok Yaitu Facilitating Service dan Enhancing Service Yang Bukan Kelompok Facilitating Service adalah

Artikel ini akan mengeksplorasi dua kategori utama dari bisnis jasa suplementer: facilitating service dan enhancing service.

Apa itu Facilitating Service?

Facilitating Services adalah layanan pendukung yang dianggap perlu untuk menunjang penggunaan produk utama. Mereka memungkinkan atau memfasilitasi penggunaan produk utama dan biasanya tidak terlihat oleh pelanggan. Contoh sering mencakup pelayanan seperti dukungan teknis, instalasi, pemeliharaan, dan layanan purnajual lainnya. Keberadaan dan kualitas dari layanan-layanan ini biasanya sangat penting untuk menciptakan dan mempertahankan hubungan pelanggan yang baik serta kepuasan pelanggan.

Enhancing Service: Lanjutan dari Facilitating Service

Enhancing Services, di sisi lain, adalah layanan tambahan yang menambah nilai atau meningkatkan produk atau layanan utama. Mereka bukan sebagian dari produk utama, tetapi mereka memperkaya pengalaman pelanggan dan sering kali berkontribusi pada diferensiasi produk atau layanan dari kompetisi.

Baca Juga :  Menurut Max Weber Melalui Teori Evolusinya Bahwa Masyarakat Berubah Secara Linier Yaitu

Berbeda dengan facilitating services, enhancing services ini lebih berfokus pada peningkatan pengalaman pelanggan dan bukan kebutuhan dasar dalam menggunakan produk atau layanan. Contoh utama termasuk layanan pelanggan yang superior, branding yang kuat, program loyalitas yang menarik, dan penawaran yang dipersonalisasi.

Enhancing Service yang Bukan Kelompok Facilitating Service

Karena sifat mereka yang memberi nilai tambah, semua enhancing services secara teknikal bukan merupakan bagian dari kelompok facilitating service. Meskipun keduanya adalah jenis layanan suplementer dalam bisnis, mereka menyajikan peran yang sangat berbeda dan terpisah.

Baca Juga :  Ketika berlatih menangkap bola, Udin terjatuh dan kakinya terkilir. Sikap Edo?

Untuk memberikan perspektif lebih lanjut, berikut adalah beberapa contoh Enhancing Services yang bukan bagian dari kelompok Facilitating Service:

  1. Layanan Pelanggan yang Luar Biasa: Ini bisa jadi dukungan sepanjang waktu, kebijakan pengembalian yang ramah konsumen, atau layanan personal shopper. Tujuannya adalah untuk memanjakan pelanggan dan membuat mereka merasa spesial dan dihargai.
  2. Program Loyalitas yang Menarik: Program-program seperti penawaran khusus untuk pelanggan setia atau program reward adalah contoh layanan suplementer yang bertujuan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dan memberi mereka alasan untuk terus kembali.
  3. Option Penyampaian yang Cepat dan Nyaman: Dalam kasus perusahaan e-commerce, penyampaian yang tepat waktu, gratis, atau disesuaikan adalah elemen enhancing service yang menarik.
Baca Juga :  Air massanya 5 gr dipanaskan dari 10°C sampai 40°C. Jika kalor jenis air 1 kal/ gr°C, banyaknya kalor yang diperlukan untuk suhu air adalah?

Dengan demikian, ketika kita berbicara tentang bisnis jasa suplementer, sangat penting untuk membedakan antara jenis layanan yang memfasilitasi transaksi (facilitating services) dan mereka yang menambah nilai lebih untuk pelanggan (enhancing services). Meski berbeda, keduanya sangat penting untuk keberhasilan bisnis.

Leave a Comment