Berikan 2 Contoh Penerapan Teori Interaksi dalam Dunia Anak

Teori interaksi menekankan pada pentingnya lingkungan sosial dan ruang bermain dalam perkembangan kognitif dan emosional anak. Berikut dua contoh penerapan teori ini dalam dunia anak:

1. Interaksi Melalui Bermain

Bermain merupakan bagian vital dari perkembangan anak. Pada proses ini, teori interaksi dapat diterapkan. Anak-anak belajar banyak hal melalui bermain, termasuk bagaimana berinteraksi dengan lingkungan sekitar mereka.

Sebagai contoh, melalui permainan simbolik atau permainan peran, anak-anak belajar bagaimana memahami dan mengekspresikan emosi mereka, mendengarkan dan memahami pandangan orang lain, serta membangun dan menjaga hubungan dengan orang lain. Dalam permainan seperti ini, anak-anak sering berperan sebagai orang dewasa, yang memungkinkan mereka untuk ‘berpose’ sebagai orang lain dan memahami dunia dari berbagai perspektif.

Baca Juga :  Pisau Kecil Melengkung, Senjata yang Ditampilkan di Film The Raid 2: TTS

2. Interaksi di Lingkungan Sekolah

Lingkungan sekolah adalah arena penting untuk berinteraksi dan belajar bersosialisasi bagi anak-anak. Di sini, teori interaksi dapat tampak melalui interaksi antara anak-anak dengan guru dan teman sebaya mereka.

Baca Juga :  5. Asesmen Bertujuan Untuk Memonitor Perkembangan Peserta Didik. Jelaskan Maksud Dari Pernyataan Tersebut?

Melalui proses belajar, anak-anak diberikan kesempatan untuk bekerja sama dalam grup, berbagi ide, dan mencapai konsensus. Anak-anak belajar bahwa orang lain mungkin memiliki perspektif yang berbeda, dan mereka belajar bagaimana merespons secara efektif dan menghargai pandangan orang lain. Oleh karena itu, sekolah memberikan lingkungan yang sempurna untuk menerapkan dan memahami teori interaksi.

Pada dasarnya, teori interaksi melukiskan bagaimana individu belajar dan tumbuh melalui interaksi dengan lingkungan sekitar mereka. Anak-anak, dalam hal ini, sangat dipengaruhi oleh lingkungan sosial dan ruang bermain mereka, baik itu di rumah, sekolah, atau taman bermain.

Baca Juga :  Aziz : What’s the matter Ayu?Ayu : I have a headache Aziz :?

Jadi, jawabannya apa?

Well, secara singkat, contoh penerapan teori interaksi dalam dunia anak dapat terlihat melalui proses belajar dan bermain mereka. Baik dalam permainan simbolik atau interaksi di lingkungan sekolah, anak-anak belajar dan tumbuh melalui pengalaman dan interaksi mereka dengan yang lain.

Leave a Comment