Berbagai Kehebatan dan Keistimewaan Kitab Suci Alquran Seharusnya Tidak Membuat Kita Berhenti Pada Kekaguman Semata, Namun Harus Dibarengi Dengan Menjadikannya

Alquran, sebagai kitab suci umat Islam, tidak hanya disegani dan dihormati karena kedudukannya, tetapi juga karena berbagai kehebatan dan keistimewaannya. Kitab suci ini mengandung hikmah, petunjuk, dan peringatan bagi umat manusia, yang jika dipahami dan diamalkan dengan baik, akan membawa kita ke jalan yang lurus dan damai. Tetapi, apakah kekaguman kita terhadap Alquran cukup berhenti hanya pada pengagungan semata? Jawabannya adalah tidak.

Keistimewaan dan Kehebatan Alquran

Alquran bukanlah kitab biasa. Alquran merupakan firman Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara Malaikat Jibril. Kehebatan yang melampaui sekadar keindahan bahasanya atau kesempurnaan sastranya, melainkan kehebatan dalam segi keilmuan, keadilan, dan moralitasnya.

Baca Juga :  Cara melestarikan tari dan lagu Sirih Kuning adalah?

Alquran adalah satu-satunya kitab yang memiliki banyak keistimewaan, antara lain:

  1. Tidak ada keraguan dalam Alquran (QS. Al Baqarah:2).
  2. Alquran adalah kitab yang penuh berkah (QS. Saad:29).
  3. Menjadi obat bagi penyakit dalam dada (QS. Yunus:57).
  4. Menjadi nur (cahaya) bagi umat manusia (QS. Ibrahim:1).
  5. Alquran mencakup penjelasan segala sesuatu (QS. An Nahl:89).

Meresapi Keistimewaan Alquran

Mengagumi kehebatan dan keistimewaan Alquran merupakan hal yang seharusnya. Namun, sikap ini seharusnya tidak hanya berhenti pada rasa kagum semata. Sebagai umat Islam, kita diharapkan bisa mengamalkan serta mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Alquran.

Baca Juga :  Berat badan Ali : Budi adalah 4 : 6. Berapakah berat Budi apabila Ali memiliki berat 32 kg ?

Meresapi keistimewaan Alquran berarti secara aktif berusaha memahaminya, membacanya dengan tajwid yang baik, merenung dan merenungkan isinya, serta menerapkan ajarannya dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini akan membantu kita dalam memahami hikmah dan petunjuk yang ditawarkan oleh Alquran.

Mengamalkan Ajaran Alquran

Penerapan ajaran Alquran dalam kehidupan sehari-hari merupakan bentuk penghormatan yang paling tinggi bagi kitab suci ini. Mengamalkan ajaran Alquran bukanlah tugas yang mudah, tetapi dengan kesabaran, ketekunan, dan keyakinan, kita dapat berusaha memahami dan menjalankan petunjuk yang ada dalam Alquran.

Baca Juga :  Tarianyang berasak dari Jawa Timur yaitu?

Dengan demikian, kekaguman kita terhadap Alquran tidak hanya berhenti pada pengagungan semata, namun juga ditunjukkan melalui amalan dan perilaku kita sehari-hari. Dengan meresapi dan mengamalkan ajaran Alquran, kita dapat menjadikan hidup ini lebih baik dan bernilai di mata Allah SWT.

Leave a Comment