Bagian Akhir Teks yang Berisi Penegasan Ulang Terhadap Apa yang Sudah Dilakukan dan Diputuskan dalam Teks Tanggapan Kritis Merupakan Bagian Apa?

Ketika berbicara tentang struktur sebuah esai atau teks terkait, terdapat berbagai elemen yang membentuk keseluruhan struktur tersebut. Setiap bagian teks memainkan peran pentingnya sendiri dan memiliki fungsi tertentu. Dalam konteks teks tanggapan kritis – esai atau laporan yang merespons dan menganalisis karya lain, salah satu bagian pentingnya adalah penegasan ulang terhadap apa yang sudah dilakukan dan diputuskan. Bagian akhir teks ini pada umumnya dikenal sebagai “kesimpulan”.

Kesimpulan: Penegasan Ulang Membedakan

Bagian akhir dalam setiap teks tanggapan kritis biasanya disebut ‘kesimpulan’. Ini adalah bagian di mana penulis merangkum segala hal yang sudah disampaikan sebelumnya dalam teks. Kesimpulan menunjukkan keputusan atau posisi akhir penulis terhadap subjek yang dibahas, sekaligus memberikan pandangan umum tentang topik tersebut. Berfungsi sebagai ringkasan dan penegasan dari argumen yang telah dibahas, kesimpulan memiliki peran yang kuat dalam membentuk pemahaman pembaca terhadap seluruh teks.

Baca Juga :  Jelaskan Kemajuan yang Dialami Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Selama Masa Abad Pencerahan

Peran dan Fungsi Kesimpulan

Kesimpulan bukan hanya sekedar merangkum apa yang telah diputuskan dan dilakukan. Ini berfungsi sebagai ‘segel’ pada argumen penulis, memberikan pembaca kesempatan untuk memahami secara umum dan meresapi respon penulis terhadap subjek yang dibahas. Kesimpulan juga memainkan peran penting dalam membantu pembaca memahami relevansi dan pentingnya subjek, sebagai penegasan terakhir dari nilai dan makna subjek tersebut.

Baca Juga :  Apa yang Akan Kalian Lakukan Jika Kalian Menjumpai Orang atau Sekelompok Orang yang Tidak Mendapatkan Hak-haknya sebagai Warga Negara?

Selain itu, kesimpulan dapat membantu pembaca merasa puas dengan diskusi atau analisis yang telah mereka baca, dengan memberikan penutup yang padat dan kuat. Ia memberi pembaca kesempatan untuk merenung dan berpikir lebih dalam tentang sudut pandang penulis dan pertimbangan mereka.

Memahami Pentingnya Kesimpulan

Dalam konteks teks tanggapan kritis, penting untuk diperhatikan bahwa kesimpulan harus merupakan refleksi yang jelas dan kuat dari analisis penulis. Ia harus merangkum dan memperkuat argumen penulis, dan tidak boleh mengandung ide atau argumen baru. Menggunakan kesimpulan sebagai cara untuk mengakhiri pembahasan dengan cara yang kuat dan persuasif adalah cara terbaik untuk memastikan bahwa teks tanggapan kritis efektif dan berdampak.

Baca Juga :  Contoh sikap simpati adalah?

Sehingga, dapat disimpulkan bahwa bagian akhir yang berisi penegasan ulang terhadap apa yang sudah dilakukan dan diputuskan dalam teks tanggapan kritis adalah kesimpulan. Kesimpulan ini penting dalam rangka mempengaruhi pemahaman pembaca akhir tentang teks dan topik yang tengah dibahas.

Leave a Comment