Bagaimana Skenario Pembelajaran yang Harus Dibuat Bu Shinta dengan Media yang Tepat dengan Tujuan Meningkatkan Keterampilan Siswa dalam Bercerita?

Mempersiapkan pembelajaran yang efektif dan interaktif untuk siswa adalah salah satu tanggung jawab utama seorang guru. Dalam posisi tersebut, Bu Shinta, seorang guru kelas IV di SD Bangkit Bersama, berfungsi sebagai pengarah dan fasilitator dalam proses belajar mengajar. Saat mempersiapkan pembelajaran, memilih strategi dan media yang benar dapat saja menjadi tantangan. Namun, penggunaan media pembelajaran seperti lagu-lagu, boneka tangan, dan teks puisi dapat membantu Bu Shinta dalam memfasilitasi pengalaman belajar yang menyenangkan, dan pada akhirnya meningkatkan keterampilan bercerita siswa.

Baca Juga :  Siapakah yang memeluk rasulullah saw ketika beliau turun dari mimbar?

Berikut adalah skenario yang dapat digunakan Bu Shinta dalam melaksanakan pembelajaran:

  1. Menggunakan Lagu-Lagu sebagai Pendahuluan

    Lagu-lagu dapat menjadi alat yang efektif untuk mengawali pembelajaran. Dikenal dapat membangkitkan suasana hati, membangun rasa komunitas, dan mendukung retensi informasi. Bu Shinta dapat memilih lagu yang menarik dan relevan dengan topik pembelajaran.

  2. Pemanfaatan Boneka Tangan untuk Demonstrasi

    Sebagai media lainnya, boneka tangan dapat menambah dimensi visual dan keterampilan motorik kasar saat pekerjaan ini dilakukan oleh siswa. Boneka tangan dapat digunakan oleh Bu Shinta untuk mendemonstrasikan adegan atau cerita yang akan mereka ceritakan kembali.

  3. Pembelajaran Melalui Teks Puisi

    Bekerja dengan teks puisi dapat membantu siswa membangun pemahaman mereka tentang bercerita serta meningkatkan kosakata dan ketrampilan berbicara. Siswa bisa dibagi dalam kelompok-kelompok kecil, masing-masing kelompok diberi puisi untuk dibaca, dimengerti, dan pada akhirnya dipresentasikan dalam bentuk cerita.

  4. Aktifitas Penutup: Refleksi dan Umpan Balik

    Di akhir pembelajaran, Bu Shinta bisa menyelenggarakan sesi refleksi di mana siswa dapat berbagi apa yang mereka pelajari dan rasakan. Ini juga memberi kesempatan untuk Bu Shinta memberikan umpan balik dan pujian atas usaha dan prestasi siswa.

Memilih media yang tepat adalah hal yang penting dalam desain pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran yang beragam seperti lagu, boneka tangan, dan teks puisi dalam skenario belajar ini, akan membantu Bu Shinta membuat kegiatan belajar yang mengasyikkan sembari meningkatkan tingkat engagement dan keterampilan bercerita siswa.

Leave a Comment