Bagaimana Sistem Sosial Masyarakat Indonesia di Masa Aksara

Sistem sosial merupakan struktur yang terbentuk dari interaksi antar individu dalam suatu masyarakat. Sistem ini mencakup struktur sosial, lembaga dan norma, serta pola perilaku dan interaksi yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Artikel ini akan membahas secara mendalam tentang bagaimana sistem sosial masyarakat Indonesia di masa aksara.

Masa aksara atau yang sering dikenal sebagai masa prasejarah adalah masa di mana manusia belum mengenal tulisan. Ini adalah zaman ketika informasi dan pengetahuan disampaikan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui lisan dan simbol-simbol tertentu, seperti gambar atau patung.

Baca Juga :  Pak Raden Membagikan Uang Kepada 45 Anak, Masing-Masing Anak Mendapat Rp 4.000,00. Jika Uang Itu Dibagikan Kepada 60 Anak, Maka Uang Yang Diterima Masing-Masing Anak Adalah?

Masa Aksara Indonesia

Meskipun dikenal sebagai masa aksara, peradaban Indonesia kuno adalah peradaban yang sangat maju. Mereka telah menciptakan berbagai sistem sosial, ekonomi, dan politik yang kompleks. Sayangnya, karena kurangnya sumber tertulis, banyak aspek dari kehidupan mereka yang masih menjadi misteri.

Sistem Sosial di Masa Aksara Indonesia

Meski tidak ada dokumen tertulis, bukti arkeologis dan lisan menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia di masa aksara mengenal berbagai sistem sosial, termasuk sistem kelas, sistem perkawinan, dan sistem adat.

Depati atau kepala suku adalah pemimpin tertinggi dan pada umumnya, kekuasaan ini diwariskan secara turun-temurun. Sistem kelas jelas dengan adanya pemisahan antara kelas elite dan rakyat biasa. Kekuasaan politik dan kekayaan secara dominan berada di tangan kelas elite.

Baca Juga :  she ... homework last night?

Terdapat juga sistem perkawinan yang unik yaitu perkawinan adat yang sangat kental. Banyak masyarakat di masa aksara menjalankan poligami di mana seorang pria diizinkan untuk memiliki lebih dari satu istri.

Adat dan ritual juga sangat penting dalam masyarakat Indonesia di masa aksara. Setiap kali ada peristiwa penting, seperti kelahiran, kematian, atau panen, mereka akan mengadakan ritual tertentu sebagai bentuk penghormatan kepada dewa atau roh nenek moyang.

Baca Juga :  Teks deskripsi dibedakan menjadi beberapa bagian?

Penutup

Secara umum, sistem sosial masyarakat Indonesia di masa aksara sangat dinamis dan rumit, menunjukkan kecanggihan dan pemahaman mereka tentang organisasi masyarakat. Sistem sosial mereka penuh dengan aturan dan norma yang mendorong tata tertib dan harmoni dalam masyarakat.

Jadi, jawabannya apa? Meski tidak memiliki sistem tulisan, sistem sosial masyarakat Indonesia di masa aksara tetap bisa berkembang dan beradaptasi dengan perubahan zaman. Ini membuktikan bahwa masyarakat Indonesia masa aksara adalah masyarakat yang terstruktur, kompleks dan beradab.

Leave a Comment