Bagaimana Cara Kerja Panel Surya dalam Menghasilkan Energi Listrik?

Panel surya, juga dikenal sebagai modul fotovoltaik, adalah suatu perangkat yang dirancang untuk merubah radiasi matahari menjadi energi listrik. Proses ini dikenal sebagai efek fotovoltaik. Namun, bagaimanakah hal ini bekerja? Mari kita bahas lebih lanjut.

Apa Itu Panel Surya?

Panel surya adalah sekumpulan sel surya (atau disebut juga sel fotovoltaik) yang bekerja bersama-sama untuk mengkonversi cahaya matahari menjadi listrik. Sel-sel ini biasanya terbuat dari silikon, suatu elemen semi-konduktor yang juga ditemukan dalam pasir pantai. Kombinasi saklar atom antara beberapa lapisan silikon menghasilkan penggunaan efisiensi cahaya matahari.

Baca Juga :  Di kamboja kepala negara dipimpin oleh?

Bagaimana Proses Konversi Ini Terjadi?

Proses berlangsung sebagai berikut:

  1. Penyerapan sinar matahari: Penyerapan sinar matahari oleh sel fotovoltaik menghasilkan energi yang digunakan untuk melepaskan elektron dari atom dalam sel. Lapisan atas panel surya biasanya memiliki struktur atom yang memungkinkannya untuk menyerap banyak energi komponen cahaya, sementara lapisan bawah berfungsi sebagai pengumpul elektron yang dibebaskan.
  2. Flow dari elektron: Elektron yang dibebaskan oleh energi cahaya matahari berkeliaran melalui struktur silikon dan ditempatkan oleh lapisan bawah, menciptakan arus dan tegangan listrik. Ini berarti bahwa energi cahaya sudah diubah menjadi energi listrik.
  3. Konversi energi DC ke AC: Energi listrik yang dihasilkan oleh panel surya berbentuk arus searah (DC). Namun, hampir semua rumah dan peralatan rumah tangga bekerja pada arus bolak-balik (AC). Akibatnya, sebuah perangkat yang dikenal sebagai inverter digunakan untuk mengubah energi DC dari panel surya menjadi energi AC yang dapat digunakan.
Baca Juga :  Hasil pengukuran panjang dan lebar suatu bidang persegi panjang masing-masing 12,73 cm dan 6,5 cm. Menurut aturan penulisan angka penting, luas bidang tersebut adalah?

Kesimpulan

Dengan cara ini, panel surya merubah energi matahari menjadi energi yang dapat digunakan oleh rumah dan bisnis di seluruh dunia. Pemakaian panel surya sangat mendorong energi terbarukan dan berdampak positif bagi lingkungan, mengurangi emisi karbon dan ketergantungan pada bahan bakar fosil.

Leave a Comment