Apa Sumber Utama yang Telah Ditentukan dalam Pemakaian Bahasa Baku?

Bahasa merupakan identitas suatu bangsa, dan bahasa juga berfungsi sebagai alat komunikasi utama dalam suatu masyarakat. Dalam hal ini, kita akan membahas tentang bahasa Indonesia dan penggunaan bahasa bakunya. Bahasa Baku, adalah suatu bentuk bahasa yang digunakan dalam penulisan yang sesuai dengan kaidah-kaidah yang ditetapkan dan ditentukan oleh pihak yang berwenang. Yang menjadi pertanyaan adalah, apa sumber utama yang telah ditentukan dalam pemakaian bahasa baku kita?

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Sumber utama dalam pemakaian Bahasa Baku adalah Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). KBBI merupakan sumber rujukan utama untuk menentukan penggunaan kata yang standar dan baku dalam Bahasa Indonesia. Penggunaan ini tidak hanya berlaku dalam penulisan saja, tetapi juga dalam percakapan sehari-hari. Dalam KBBI, penggunaan kata-kata, ejaan, dan tata bahasa ditentukan sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Baca Juga :  Bu Yuni guru kelas VI SD Kusuma Bangsa dalam pembelajaran PKn berusaha menciptakan lingkungan yang kondusif bagi perkembangan kognitif peserta didiknya yakni lingkungan, yang mampu?

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (BPPB)

Selain KBBI, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa juga merupakan sumber utama dalam pemakaian bahasa baku. BPPB merupakan lembaga yang bertugas mengembangkan, melestarikan, dan mengatur penggunaan Bahasa Indonesia. Dalam menjalankan tugasnya, BPPB menetapkan aturan-aturan dalam pemakaian Bahasa Indonesia yang baku, termasuk ejaan, tata bahasa, dan kosakata.

Baca Juga :  Ubahlah Bentuk Persen Berikut Menjadi Pecahan Biasa

Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI)

Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia atau biasa disebut PUEBI juga menjadi patokan penting dalam penggunaan bahasa baku. Pedoman ini memberikan aturan mengenai ejaan dan penulisan dalam Bahasa Indonesia yang baku dan standar. Dokumen ini sangat penting untuk menentukan bagaimana suatu kata harus dieja dan ditulis agar sesuai dengan norma-norma yang berlaku.

Baca Juga :  Contoh hasil dari usaha pertanian adalah?

Kesimpulan

Sebagai penutup, penting bagi kita untuk selalu memperhatikan penggunaan Bahasa Baku dalam penulisan maupun percakapan sehari-hari. Penggunaan Bahasa Baku sesuai dengan sumber-sumber utama seperti KBBI, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, serta PUEBI membantu kita untuk berkomunikasi dengan lebih efektif dan jelas, serta mencerminkan rasa hormat kita terhadap Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional.

Leave a Comment