Alinea Kedua Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 Mewujudkan Adanya Ketetapan dan Ketajaman Penilaian bahwa Perjuangan Pergerakan Kemerdekaan Indonesia

Sejarah Indonesia mencakup periode yang panjang dan kompleks, dengan perjuangannya mempertahankan hak untuk berdaulat dan bebas dari penjajahan. Salah satu bagian terpenting dari masa lalu negara ini adalah adanya UUD NRI (Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia) tahun 1945. UUD ini adalah dokumen fundamental yang menjunjung tinggi hukum dan berfungsi sebagai pedoman bagi pemerintah serta masyarakat Indonesia.

Perjuangan kemerdekaan Indonesia memang tidak mudah. Diperlukan berbagai lapisan masyarakat dan sejumlah pergerakan untuk mencapai kemerdekaan total. Alinea kedua pembukaan UUD NRI tahun 1945 menggambarkan periode ini dengan kedalaman yang besar. Perjuangan dan tekad bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan tercermin dengan jelas melalui kata-kata ini.

Baca Juga :  Tuliskan Nama Perairan yang Mengelilingi Wilayah Negara Indonesia

Bagian pembukaan tersebut berbunyi sebagai berikut:

Hal-hal yang telah diterangkan dalam alinea yang kedua itu, ialah ajaran tentang adanya ketetapan yang sebenarnya bahwa segala bangsa di dunia berhak merdeka, berhak mempunyai kedaulatan, karena itu maka segala upaya yang dipergunakan oleh bangsa kolonial untuk merampas dan membantai segala hak itu, dianggap sebagai suatu pemberontakan terhadap pengertian yang memuliakan kemanusiaan.”

Baca Juga :  Berikut pernyataan yang benar adalah?

ADA ketetapan dan ketajaman penilaian, serta penggasan perjuangan kemerdekaan Indonesia mewujudkan dalam teks UUD 1945. Dokumen ini tidak hanya membangkitkan semangat kemerdekaan dan kedaulatan, tapi juga merumuskan pentingnya pemilihan hak untuk berdamai dan hidup dalam masyarakat yang berkeadilan sosial.

Alinea kedua ini memberikan penilaian tajam dan resmi tentang perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia. Melalui alinea ini, bangsa Indonesia mengaku adanya hak-hak dasar yang melekat pada semua bangsa, termasuk hak untuk merdeka dan berdaulat. Alinea ini juga dengan jelas menentang segala upaya oleh negara kolonial untuk merampas dan membersihkan hak-hak ini.

Baca Juga :  Air Mengalir dari Lantai Pertama Sebuah Rumah Bertingkat Dua

Secara keseluruhan, alinea kedua pembukaan UUD NRI Tahun 1945 adalah pernyataan kuat dan tegas bangsa Indonesia tentang prinsip-prinsip kemerdekaan dan kedaulatan. Ini menjadi saksi bisu dari ketetapan dan ketajaman penilaian bahwa perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia bukanlah suatu upaya yang sia-sia, tetapi sebaliknya suatu perjuangan yang berdasar pada prinsip-prinsip universal dan hak asasi manusia.

Leave a Comment